Harga Kakao         Senin, 26/11/2018                   Ldn: n.a                              NY: 2.122                                 Medan: 25.000                 Aceh: Rp 24.000,-                  Info ini disampaikan oleh FORUM KAKAO ACEH 

Husaini, Ketua Komunitas Kakao Bireuen

Created on Tuesday, 23 October 2012

husaini

Sosoknya yang ramah dan penuh senyum membuat siapa saja mudah mendekat walau baru pertama kali berjumpa. Pria berusia  43 tahun ini mulai fokus sepenuhnya pada usaha jual beli kakao dan hasil bumi tahun 2008 setelah berhenti dari PT. Kertas Kraft Aceh dengan jabatan terakhir Mechanical Supervisor. Semangat berdagangnya tidak pernah pupus walaupun gudang usaha dan seluruh isinya berupa biji coklat pernah terbakar 2 kali saat konflik melanda Aceh dahulu. Kapasitas usaha kakaonya bisa mencapai 50 ton/ minggu pada musim panen raya yang ditopang pembelian kakao langsung dari petani dan pedagang pengumpul di Bireuen, Aceh Utara, hingga Takengon.

Read more: Husaini, Ketua Komunitas Kakao Bireuen

Basri A. Bakar. Anak Petani Sosok Pekerja Keras

Created on Wednesday, 26 September 2012

basriBapak Basri A. Bakar adalah salah satu pengurus Forum Kakao Aceh periode 2011 – 2013 yang menaungi Divisi Penelitian dan Pengembangan Budidaya. Anak pertama dari enam bersaudara yang berasal dari keluarga petani ini diangkat sebagai PNS pada tahun 1985 pada Balai Informasi Pertanian (BIP) yang kemudian berubah nama menjadi BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Penelitian) Aceh. Di BPTP Aceh, selain sebagai peneliti, Basri juga merangkap "penyuluh" karena tugas-tugas diseminasi yang banyak beliau kerjakan.

Read more: Basri A. Bakar. Anak Petani Sosok Pekerja Keras

Fauzan, Menjadikan Kakao Sebagai Bisnis

Created on Wednesday, 29 August 2012

 

fauzan kkbSepintas Ia terkesan dingin. Namun, orang bisa salah persepsi apabila belum mengetahui kesehariannya. Selalu penuh semangat dalam hidup dan membangun persahabatan. Hal ini diterapkan dalam usahanya yang telah dimulai sejak 1996, mulai dari jual beli hasil pinang hingga akhirnya menggeluti roda bisnis Kakao, di Peudada, Bireuen. Bapak Fauzan memaparkan seputar usahanya yang bernaung dibawah UD. Semangat "dulu, kapasitas usaha kakao hanya 2 ton perminggu".

Read more: Fauzan, Menjadikan Kakao Sebagai Bisnis

Bapak Sumanto, Ikhlas Berjuang Bagi Kakao

Created on Friday, 13 July 2012

bapak sumantoIa adalah petani yang sangat bersahaja, berasal dari Kampong Alur Selalas Kecamatan Karang Baru. Telah menggeluti usaha tanaman kakao kurang lebih 2 tahun, dengan luas lahan sebesar 0,5 Ha. Sejak terpilih sebagai ketua Forum Alumni Sekolah Lapang (SL) Siklus I, Bapak Sumanto sangat melakoni perannya sebagai Ketua. Dengan penuh tanggung jawab dan keihklasan, ia dengan sangat aktif mendorong dan memberikan semangat pada anggota Forum Alumni Sekolah Lapang (SL) Siklus I, agar dapat menjalankan aktivitas forum yang merupakan amanat dari RTL SL Siklus I.

Read more: Bapak Sumanto, Ikhlas Berjuang Bagi Kakao

Peraih Beasiswa untuk Riset Kakao

Created on Thursday, 12 July 2012

lukman sp. m.siLukman, SP, Msi merupakan salah satu pengurus Forum Kakao Aceh pada divisi penelitian dan pengembangan budidaya yang mendapatkan beasiswa dari World Cocoa Foundation (WCF) untuk melakukan penelitian pada Unit State Development Agricultural (USDA) Amerika Serikat pada tahun 2010. Selain konsisten, pria kelahiran Bireuen 1 Januari 1975 juga memiliki banyak pengalaman dalam riset di kampus tersebut. Sebelumnya, dosen tersebut juga mendapat beasiswa dari Swisscontact untuk melakukan riset klon (perbanyakan tanaman tanpa benih) unggul Aceh.

Read more: Peraih Beasiswa untuk Riset Kakao

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved