Harga Kakao             Sabtu, 19/11/2022               Ldn: n.a                    NY: 2.456        Medan: n.a                 Aceh: Rp. 33.000                 Info ini disampaikan    oleh       FORUM KAKAO ACEH      

 

Indonesia Paling Banyak Impor Persiapan Kakao dari Guinea

Created on Saturday, 19 November 2022

Indonesia membukukan impor dengan Guinea US$ 0,49 juta data per Desember 2020. Nilai tersebut turun drastis 62,94% dibandingkan impor tahun sebelumnya yang tercatat US$ 1,33 juta. Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Guinea, impor dalam 10 tahun terakhir telah banyak berkurang.

Terendah impor Indonesia adalah US$ 0,28 juta dan untuk impor tertinggi di angka US$ 5,92 juta. Dari total 97 produk (kode HS dua digit) yang diimpor dari Guinea, 0,03 ribu produk bernilai lebih dari satu miliar dolar.

Kebanyakan produk impor dari tempat ini, merupakan impor produk yang juga banyak diimpor dari negara lain yang jumlahnya tercatat ada enam produk.

Berikut ini adalah daftar lima produk utama yang diimpor Indonesia dari Guinea. Urutan ini disusun mulai dari transaksi dengan nilai yang terbesar.

Persiapan kakao dan kakao
Di urutan pertama, Indonesia banyak mengimpor Persiapan kakao dan kakao. Dalam klasifikasi tradmap, Persiapan kakao dan kakao masuk kategori produk HS dengan kode 18. Pada 2020, Indonesia tercatat mengimpor sebanyak US$ 480 ribu. Nilai impor Persiapan kakao dan kakao ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yang mampu menembus US$ 788 ribu. 

Lemak dan minyak nabati atau minyak dan produk belahannya

Di urutan kedua, impor Indonesia paling banyak adalah produk Lemak dan minyak nabati atau minyak dan produk belahannya. Nilai impor dari Guinea pada 2020 tercatat US$ 4 ribu. Pada tahun sebelumnya Indonesia tidak mencatat adanya impor dari negara ini.

Mesin dan peralatan listrik dan bagian -bagiannya.

Selain itu , Indonesia juga mengimpor senilai US$ 3 ribu Mesin dan peralatan listrik dan bagian -bagiannya dari Guinea. Pada tahun sebelumnya Indonesia tidak mencatat adanya impor dari negara ini. Selain Guinea, Indonesia juga mengandalkan impor Mesin dan peralatan listrik dan bagian -bagiannya dari Cina, Singapura, Taipei, Cina, Jepang dan Korea, Republik. Selain negara utama tersebut, Indonesia tercatat mengimpor produk ini dari 134 negara lainnya.

Sabun, agen aktif permukaan organik, persiapan cuci, persiapan pelumas, buatan.

Indonesia juga banyak mengimpor Sabun, agen aktif permukaan organik, persiapan cuci, persiapan pelumas, buatan.. dari Guinea. Nilai impor produk ini senilai US$ 3 ribu. Pada tahun sebelumnya Indonesia tidak mencatat adanya impor dari negara ini.

Indonesia tercatat mengimpor produk ini dari 73 negara. Impor Sabun, agen aktif permukaan organik, persiapan cuci, persiapan pelumas, buatan.. dari Guinea tercatat berada di urutan 55. Lima negara lain yang menjadi sumber impor Sabun, agen aktif permukaan organik, persiapan cuci, persiapan pelumas, buatan.. adalah Cina, Singapura, Jepang, Malaysia dan Thailand.

Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler

Impor Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler dari negara ini berada di urutan 138. Pada 2020, Indonesia tercatat melakukan impor US$ 2 ribu. Selain negara tersebut, impor terbesar Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler berasal dari Cina, Jepang, Singapura, Jerman dan Thailand.


Sumber : 

 

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/18/indonesia-paling-banyak-impor-persiapan-kakao-dari-guinea

 

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved