Harga Kakao             Sabtu, 19/11/2022               Ldn: n.a                    NY: 2.456        Medan: n.a                 Aceh: Rp. 33.000                 Info ini disampaikan    oleh       FORUM KAKAO ACEH      

 

Barry Callebaut Optimistis Pasar Kakao dan Coklat Tumbuh Positif

Created on Friday, 07 October 2022

BANDUNG, ID – Produsen produk kakao dan coklat, Barry Callebaut, optimistis pasar kakao dan coklat di Indonesia masih tumbuh positif. Pasalnya, kondisi industri terus membaik pasca-pandemi, ditambah konsumsi coklat tahunan Indonesia saat ini masih relatif kecil, yakni 0,3 gram per kapita.

“Permintaan pelanggan akan produk kakao dan cokelat kami menunjukkan tren positif, secara perlahan berangsur-angsur kembali ke masa sebelum pandemi. Optimisme konsumen yang meningkat terhadap ekonomi menjadi pertanda baik bagi produsen makanan seperti kami,” kata Managing Director Barry Callebaut Ciptadi Sukono di Bandung, belum lama ini.

Mengutip data Euro monitor, nilai penjualan ritel coklat di Indonesia naik 2 persen pada 2022 menjadi Rp 13,4 triliun dan penjualan ritel ditargetkan naik 6 persen CAGR mencapai Rp 18,2 triliun pada 2027. Lebih lanjut Ciptadi mengatakan, sejak 2012, Barry Callebaut telah menginvestasikan lebih dari US$ 50 juta dan saat ini perusahaan memiliki lebih dari 700 karyawan di seluruh Indonesia.

Ciptadi juga mengatakan, Barry Callebaut mengoperasikan pabrik pengolahan kakao di Bandung dan saat ini merupakan salah satu produsen terbesar (berdasarkan volume) produk kakao seperti cocoa powder, cocoa butter & cocoa liquor di Indonesia.

Barry Callebaut juga memiliki pusat aplikasi kakao di Bandung yang dilengkapi dengan peralatan canggih, dapur demo, dan lini produksi skala kecil. Berbagai fasilitas tersebut membantu meningkatkan kesempatan kerja sama antara Barry Callebaut dengan para pelanggan dari kalangan industri.

Selain kegiatan bisnis kakao, Barry Callebaut juga memiliki dua pabrik produksi cokelat di kawasan industri Gresik dan Rancaekek Sumedang. Barry Callebaut memproduksi cokelat untuk perusahaan konfeksioneri (produsen camilan manis) dan produsen makanan lainnya yang menggunakan cokelat sebagai salah satu bahan baku produksinya.

Perusahaan juga menjadi mitra outsourcing bagi banyak produsen makanan Indonesia dengan kebutuhan produk cokelat yang jumlahnya terus bertumbuh. "Salah satu mitra outsourcing produsen makanan adalah GarudaFood dan masih banyak lainnya. Kita akan terus berekspansi dengan menyasar berbagai segmented pasar untuk memberikan beragam produk cokelat sebagai pilihan bahan baku untuk berbagai produk," pungkasnya.

Barry Callebaut juga mengimpor cokelat premium dari Eropa untuk pengguna cokelat artisanal dan profesional, (seperti pembuat cokelat, chef, pembuat roti, hotel, restoran, dan katering). Produk gourmet ini telah mendorong pertumbuhan bisnis Barry Callebaut di Indonesia.

Dari sisi volume, bisnis gourmet Barry Callebaut di Indonesia terus bertumbuh. Dalam empat tahun terakhir, pertumbuhan tersebut bahkan mencapai hingga dua kali lipat.

Bisnis Berkelanjutan

Barry Callebaut juga memiliki kegiatan bisnis lain seperti pusat pengumpulan biji kakao, pencarian dan pengadaan biji kakao, dan penyediaan fasilitator lapangan di Sumatera dan Sulawesi yang memberikan pelatihan kepada petani kakao lokal tentang praktik pertanian yang baik dan keberlanjutan.

Barry Callebaut memiliki lebih dari 200 fasilitator lapangan yang terlibat langsung dengan lebih dari 40.000 petani terkait dengan kebutuhan distribusi bibit, pelatihan mitigasi pekerja anak, dan peningkatan fokus pada Farm Business Plans serta proyek masyarakat. Perusahaan juga telah menyalurkan lebih dari US$ 2 juta sebagai premium fee penjualan biji kakao dari para petani kakao yang telah disertifikasi dalam 2 tahun terakhir.

Dengan penjualan tahunan sekitar CHF 7,2 miliar (EUR 6,6 miliar / US$ 7,9 miliar) pada tahun buku 2020/21, Barry Callebaut Group asal Zurich menjadi produsen cokelat bermutu tinggi dan produk kakao terkemuka dunia -- dari mencari pasokan dan pengolahan biji-biji kakao hingga memproduksi cokelat terbaik, termasuk "filling", dekorasi dan bahan campuran cokelat. Barry Callebaut Group memiliki lebih dari 60 fasilitas produksi di dunia, serta didukung oleh tenaga kerja yang beraneka ragam dan berdedikasi sebanyak lebih dari 13.000 orang.

Barry Callebaut Group melayani seluruh industri makanan, dari kalangan produsen makanan industri hingga pengguna cokelat artisan dan bertaraf profesional, seperti "chocolatier", pembuat kue, tukang roti, hotel, restoran dan katering. Merek-merek global yang melayani kebutuhan konsumen di segmen Gourmet ini adalah Callebaut dan Cacao Barry, Carma serta spesialis dekorasi cokelat Mona Lisa®.

Barry Callebaut Group bertekad untuk menjadikan cokelat lestari sebagai standar industri pada 2025 guna menjamin masa depan pasokan kakao dan meningkatkan taraf hidup para petani. Perusahaan mendukung Cocoa Horizons Foundation dalam misinya untuk merumuskan masa depan kakao dan cokelat lestari


Editor : Euis Rita Hartati ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )


Sumber: 

https://investor.id/business/308939/barry-callebaut-optimistis-pasar-kakao-dan-coklat-tumbuh-positif

 


Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved