Harga Kakao         Rabu,  12/05/2021                   Ldn: n.a                              NY: 2.501                Medan: n.a                 Aceh: Rp 29.100,-                                 Selamat Idul Fitri 1442 H  Mohon Maaf Lahir dan Batin       Info ini disampaikan oleh FORUM KAKAO ACEH      

 

Imbas Produksi Menurun, Harga Kakao di Abdya Meningkat

Created on Monday, 21 September 2020

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com –  Harga jual kakao di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus mengalami kenaikan sejak sebulan terakhir ini. Saat ini harga jual biji kakao ditingkat petani di Abdya berkisar antara Rp. 24.000 hingga Rp 26.000 perkilogram. Sedangkan sebelumnya dijual dengan harga Rp.21.000 ribu. Muliadi, salah seorang pengusaha kakao di Gampong Keude Paya, Kecamatan Blangpidie, Abdya mengatakan, mahalnya harga disebabkan oleh rendahnya jumlah produksi kakao dari petani.


“Banyak petani yang sudah memotong batang kakao untuk membuka lahan baru untuk menanam pohon sawit, mungkin karena penghasilan disawit lebih menjamin menurut mereka," ungkapnya saat diwawancarai anteroaceh.com, dilokasi tempat usahanya, Rabu (16/9/2020). Muliadi mengaku, sebelumnya dalam sehari dirinya bisa mengumpulkan biji kakao dari agen pegepul di wiliyah barat selatan Aceh mencapai 3 ton. Namun saat ini, ia terpaksa memfokuskan diri membeli kakou ditingkat petani lokal karena tidak ada barang. “Akibat petani menebang pohon kakou mereka, tentu sangat berimbas bagi pengusaha kakou dan petani itu sendiri. Sekarang banyak petani kita yang sudah menyesal akibat menebang pohon kakou milik mereka. Menyesal kemudian enggak ada guna, ya kan,” pungkasnya.

 


Editor : Fitria Akmal

Rubrik : Pertanian


Sumber : 

https://anteroaceh.com/news/imbas-produksi-menurun-harga-kakao-di-abdya-terus-melonjak/index.html

 

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved