Harga Kakao         Rabu,  12/05/2021                   Ldn: n.a                              NY: 2.501                Medan: n.a                 Aceh: Rp 29.100,-                                 Selamat Idul Fitri 1442 H  Mohon Maaf Lahir dan Batin       Info ini disampaikan oleh FORUM KAKAO ACEH      

 

Kementan Catat 3 Daerah dengan Hama Terbanyak

Created on Monday, 21 September 2020

Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berupaya mendorong perlindungan tanaman pertanian dan perkebunan agar tetap aman terjaga. Syahrul meminta agar jajarannya dapat meningkatkan produktivitas serta pengembangan komoditas maupun usaha pertanian.

Peningkatan produksi salah satunya terkendala serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang kerap menyerang komoditi Kakao. Dilansir dari rilis yang diterima oleh detikcom, data serangan OPT tanaman kakao dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 (kurun waktu 5 tahun) pada 10 Provinsi wilayah kerja BBPPTP Ambon digunakan untuk menentukan daerah endemis.

Sampai saat ini pun sudah ada tiga sebaran serangan OPT Kakao yang sudah dibuat yakni Penghisap Buah Kakao (Helopeltis sp.), VSD (Ceratobasidium theobromae) dan Penggerek Buah Kakao (Conopomorpha cramerella). Data tertinggi tersebut dibagi menjadi tiga kelas serangan, yaitu 0 = Aman, 1 = Potensial, 2 = Sporadis, dan 3 = Endemis.

"Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat merupakan sentra komoditi kakao, tetapi juga menjadi tiga daerah dengan serangan endemis OPT utama kakao terbanyak sepanjang tahun 2019," ujar Kepala BBPPTP Ambon, Azwin Amir, dalam keterangan tertulis, Rabu (26/8/2020).

Menurut data iklim yang disajikan oleh BMKG, ketiga provinsi tersebut memiliki angka rata-rata suhu, kelembapan, penyinaran matahari dan curah hujan yang hampir sama. Sehingga diduga iklim menjadi salah satu faktor peningkatan intensitas serangan OPT pada wilayah tersebut. Di samping itu, penyebaran juga dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti populasi inang dan distribusi/ migrasi vektor atau agens pembawa

Memang beberapa jenis OPT seperti busuk buah, kanker batang seringkali meningkat serangannya di musim hujan. Seperti busuk buah kakao dan kanker batang yang disebabkan oleh jamur Phytophthora palmivora dan VSD (Vascular Streak Dieback) disebabkan oleh jamur Ceratobasidium theobromae yang lebih mudah tersebar di daerah beriklim basah dengan curah hujan yang tersebar merata sepanjang tahun daripada di daerah beriklim kering.

Di sisi lain, serangan hama pada tanaman kakao cenderung meningkat saat memasuki musim kemarau, hal ini tentu sangat berbeda dengan pola serangan penyakit. Serangan hama yang pada tanaman kakao yang sering ditemui adalah penggerek buah kakao/ PBK (Conopomorpha cramerella) dan penghisap buah kakao (Helopeltis sp.).

(mul/mpr)

 

Sumber : 

https://news.detik.com/berita/d-5147053/awas-kementan-catat-3-daerah-ini-punya-hama-kakao-terbanyak

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved