Harga Kakao         Minggu, 25/04/2020                   Ldn: n.a                              NY: 2.323                   Medan: n.a                 Aceh: Rp 32.600,-                          Tetap waspada Covid 19, rajin cuci tangan dan wajah, tidak bersalaman, jaga jarak minimal 1 meter, tetap menggunakan masker saat berada dikeramaian       Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan   Info ini disampaikan oleh FORUM KAKAO ACEH      

 

Kementan Siapkan Pembenahan Data untuk Produksi Kakao

Created on Tuesday, 11 February 2020

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan mulai melakukan konsolidasi dengan pemangku kepentingan industri kakao nasional sebagai langkah awal untuk pembenahan data komoditas tersebut.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Antarjo Dikin dalam sebuah workshop yang digelar di Bogor belum lama ini mengemukakan bahwa statistik perkebunan bukanlah hal yang mudah lantaran beragamnya komoditas serta luasnya wilayah Indonesia. Pertemuan dengan pemangku kepentingan ini pun diharapkan dapat memberi pengetahuan dalam penyusunan data perkebunan.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir perwakilan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Badan Pusat Statistik (BPS), dan Organisasi Cacao Internasional (ICCO).

"Banyak keuntungan yang akan kita peroleh dengan pengumpulan data yang valid karena saat ini kebutuhan akan data statistik sangatlah tinggi dan penting," kata Antarjo seperti dikutip dari rilis, Kamis (16/1/2020).

Untuk memperoleh data luas areal komoditas, Antarjo mengungkapkan bahwa Ditjen perkebunan telah bekerja sama dengan lembaga penelitian untuk menggunakan citra satelit. Pasalnya, perkebunan kakao di Indonesia tidak hanya didominasi oleh tanaman kakao saja, namun juga tumpang sari dengan tanaman lainnya sehingga upaya memperoleh citra sulit dilakukan.

Pembenahan statistik kakao dinilai menjadi hal penting mengingat Kementerian Pertanian menargetkan peningkatan produksi dalam 5 tahun ke depan untuk mendukung target ekspor tiga kali lipat. Namun, sebelum sampai di tahap tersebut, data luas dan produksi kakao yang presisi diperlukan lantaran banyak tanaman yang berusia tua.

"Oleh karenanya, terkait dengan data statistik kakao, Indonesia perlu memiliki metode tersendiri yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Indonesia. Selain itu, kita harus memikirkan bagaimana cara kita untuk meningkatkan produksi tersebut," imbuhnya.

Sebelumnya, pelaku usaha mengemukakan bahwa perbaikan data kakao merupakan faktor yang penting guna mendukung diambilnya kebijakan yang tepat dan.

Ketua Umum Asosiasi Industri Kakao Indonesia (AIKI) Piter Jasman menyebutkan data produksi kakao belum mencerminkan kondisi di lapangan dan hal tersebut tercermin dari utilitas pabrik pengolahan kakao yang masih rendah lantaran terbatasnya bahan baku lokal.



Sumber : 

https://ekonomi.bisnis.com/read/20200116/99/1191025/kementan-siapkan-pembenahan-data-produksi-kakao

 

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved