Harga Kakao         Rabu,  12/05/2021                   Ldn: n.a                              NY: 2.501                Medan: n.a                 Aceh: Rp 29.100,-                                 Selamat Idul Fitri 1442 H  Mohon Maaf Lahir dan Batin       Info ini disampaikan oleh FORUM KAKAO ACEH      

 

Harga Kakao Dapat Dipantau Setiap Hari

Created on Tuesday, 25 October 2011

KUTACANE - Forum Kakao Aceh (FKA) membuat terobosan baru untuk para petani kakao (coklat) dengan memberi informasi harga setiap hari melalui SMS atau situs internet. Luas areal tanaman kakao yang mencapai 75.000 hektare di 20 kabupaten dalam Provinsi Aceh dengan tingkat produksi 25.000 ton/tahun perlu pengembangan lebih luas lagi, khususnya harga pasaran lokal, nasional dan internasional.

Ketua Forum Kakao Aceh, Drs Hasanuddin Darjo MM, Jumat (21/10) mengatakan pola baru itu untuk menciptakan iklim perdagangan yang adil dan satunya-satunya di Indonesia. “Dengan adanya fasilitas informasi ini setiap hari, seluruh pemain kakao, mulai dari petani dan pedagang akan mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang harga kakao,” jelas Hasanuddin yang juga Sekdakab Agara.

Dia mengatakan tanaman kakao yang melibatkan lebih dari 100.000 kepala keluarga (KK) di Aceh akan dapat mengurangi angka kemiskinan di Aceh. Hasanuddin menjelaskan komoditi kakao telah menjadi salah satu potensi unggulan pengembangan Aceh.

Dia mengungkapkan masih ada sekitar 120.000 hektare lahan tidur yang cukup potensial untuk dijadikan perkebunan kakao. Tetapi, teknologi tepat guna perlu dikembangkan agar dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Sehingga, petani dapat memperoleh penghasilan harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Sedangkan kakao mulai berproduksi pada usia 1,5 tahun atau 18 bulan, sebutnya.

Hasanuddin menegaskan tanaman kakao harus terus dikembangkan di Aceh karena permintaan di pasar dunia terus meningkat. Sehingga, pola peningkatkan kuantitas, sekaligus kualitas harus dilakukan agar mampu bersaing di pasar dunia, tandasnya.(as)

informasi kakao

- REG KAKAO ke 9291 untuk Telkomsel

- REG KAKAO kirim ke 9168 untuk kartu lain

- Akses situs FKA di www.forumkakaoaceh.or.id

tanggapan ketua harian

Petani tak Tertipu Lagi

Ketua Harian Asosiasi Petani Kakao (APKAT) Aceh Tenggara, Musa As’ari, mengatakan dengan adanya layanan SMS informasi harga Kakao itu, para petani tidak akan tertipu lagi oleh para tengkulak yang membeli hasil panen langsung di lapangan. Dia mencontohkan, para pedagang pengumpul kerap menyatakan harga turun, walau sebenarnya naik.

Dia menyebutkan, informasi yang dikeluarkan berdasarkan harga di pasaran Aceh, Medan dan internasional. Musa berharap, para petani harus dapat mengakses informasi harga setiap hari, sehingga dapat bernegoisasi dengan pedagang pengumpul di wilayah pedesaan.(as)

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved