Harga Kakao         Rabu,  12/05/2021                   Ldn: n.a                              NY: 2.501                Medan: n.a                 Aceh: Rp 29.100,-                                 Selamat Idul Fitri 1442 H  Mohon Maaf Lahir dan Batin       Info ini disampaikan oleh FORUM KAKAO ACEH      

 

AAA- Keumang Fasilitasi Pembentukan FKA di 3 Kabupaten

Created on Monday, 24 October 2011

NGO Internasional AAA bekerjasama dengan yayasan Keumang memfasilitasi pemebntukan Fka di tiga Kabupaten untuk memperkuat Forum Kakao yang telah ada. Agenda tersebut secara maraton dilaksanakan di tiga Kabupaten Utama binaan AAA- Keumang. Yaitu Aceh Timur, Aceh Utara dan Pidie.

Forum Kakao Aceh (FKA) Kabupaten Aceh Timur, Jumat (23/9) terbentuk. Bustami SHut terpilih sebagai ketua forum tersebut dan Zukhri MS sebagai sekretaris. Salah satu misi forum tersebut, adalah sebagai wadah untuk penyebaran informasi tentang dalam meningkatkan produksi dan kualitas coklat.Sekretaris FKA terpilih, Zukhri kepada Serambi Sabtu (24/9) mengatakan, forum ini dibentuk untuk menjadi media komunikasi antar pihak terkait pengembangan kakao lokal guna mengkordinasikan dengan lembaga yang bergerak dalam pengembangan kakao Aceh. "Kita mendorong kegiatan  pada peningakatn pengakuan hasil produksi kakao Aceh seperti sertifikasi kakao organik, perdagangan yang adil, data base kakao Aceh Timur yang akurat serta mendorong pemerintah menyiapkan prasarana terkait pengembangan coklat Aceh,"ujarnya.Menurutnya, Aceh Timur termasuk lima kabupaten terbesar penghasil kakoa di Aceh dengan jumlah petani 11,7 persen dari 220.000 petani kakoa di Aceh. Namun, katanya produksinya lebih rendah hanya 445 Kg/hektare dibandingkan hasil produksi petani provinsi lain. Sesuai dengan misi dan visinya paran FKA ke sdepan akan melakukan advokasi kebijakan pemerintah terkait petani kakao.

Terakhir di Pidi. Hasil survei, sejak puluhan tahun produktivitas kakao di Kabupaten Pidie, dari luas area 7.500 ha sangat jauh dari target hasil panen yang lazimnya pada setiap ha 2 hingga 3 ton. Namun, justru para petani di Pidie hanya memanen hasil 0,5 ton setiap hektar."Forum Kakao Aceh (FKA) bertekad meningkatkan produktivitas hasil panen dengan memecahkan segala persoalan yang dihadapi oleh 10.000 petani yang ada di Pidie," sebut Direktur Keumang, Ir H Yusri Yusuf didampingi Perwakilan FKA Provinsi Hamdizal dan Koordinator Divisi pengembangan organisasi FKA, Azmil Umur kepada Serambi, Rabu (28/9)."Banyangkan saja, bila petani mampu mengahasilkan dalam setiap hektarnya 2 ton untuk luas arael 7.500 ha dikalikan harga Rp 20.000/kg, maka total penghasilan petani kita bisa mencapai Rp 300 miliar dalam setiap tahun," jelasnya.Tapi, dikarenakan persoalan produktivitas yang belum terpecahkan, sehingga rata-rata hasil panen petani, 0,5 ton, sehingga hasil yang dicapai Rp 37,5 miliar per tahun. "Nilai finansial dari hasil panen kakao di Pidie mencapai Rp 262 miliar lebih  setiap tahun," tukasnya.

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved