Harga Kakao         Minggu, 25/04/2020                   Ldn: n.a                              NY: 2.323                   Medan: n.a                 Aceh: Rp 32.600,-                          Tetap waspada Covid 19, rajin cuci tangan dan wajah, tidak bersalaman, jaga jarak minimal 1 meter, tetap menggunakan masker saat berada dikeramaian       Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan   Info ini disampaikan oleh FORUM KAKAO ACEH      

 

Kementan Siapkan Pembenahan Data untuk Produksi Kakao

Created on Tuesday, 11 February 2020

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan mulai melakukan konsolidasi dengan pemangku kepentingan industri kakao nasional sebagai langkah awal untuk pembenahan data komoditas tersebut.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Antarjo Dikin dalam sebuah workshop yang digelar di Bogor belum lama ini mengemukakan bahwa statistik perkebunan bukanlah hal yang mudah lantaran beragamnya komoditas serta luasnya wilayah Indonesia. Pertemuan dengan pemangku kepentingan ini pun diharapkan dapat memberi pengetahuan dalam penyusunan data perkebunan.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir perwakilan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Badan Pusat Statistik (BPS), dan Organisasi Cacao Internasional (ICCO).

Read more: Kementan Siapkan Pembenahan Data untuk Produksi Kakao

Asosiasi Industri Kakao Meragukan Data BPS

Created on Tuesday, 11 February 2020

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Industri Kakao Indonesia menyatakan tidak mengumpulkan langsung data terkait produksi kakao di kebun maupun pabrikan sendiri. Meskipun demikian, asosiasi lebih memilih data survei yang dikeluarkan oleh lembaga terpercaya.

Dalam pemilihan data, Asosiasi Industri Kakao Indonesia (AIKI) lebih mempercayakan informasi dari International Cocoa Organization (ICCO) ketimbang Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian (Kementan). Asosiasi beralasan bahwa metode yang digunakan Ditjenbun belum akurat.

Read more: Asosiasi Industri Kakao Meragukan Data BPS

Produksi Kakao Nasional Terus Merosot

Created on Tuesday, 11 February 2020

Penurunan produksi kakao nasional terjadi karena umumnya tanaman sudah berumur tua sehingga produktivitasnya sangat rendah. Bahkan diperkirakan hanya 217 kg/hektar/tahun, padahal potensinya bisa mencapai 2000 kg/ha/thn. Yang lebih menganggetkan, Indonesia bukan lagi produsen biji kakao terbesar ketiga di dunia, tetapi sudah melorot menjadi urutan ke enam.

Pergantian Menteri Pertanian dan Direktur Jenderal Perkebunan ternyata belum membawa perubahan positif terhadap produksi biji kakao nasional. Berdasarkan data yang diunduh dari laman Badan Pusat Statistik (BPS) produksi biji kakao malah semakin menurun.

Read more: Produksi Kakao Nasional Terus Merosot

Cara Kemenperin Dorong Hilirisasi Produk Kakao di Makassar

Created on Friday, 07 February 2020

Makassar: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong Industri Kecil dan Menengah (IKM) kakao di Makassar untuk meningkatkan hilirisasi produknya. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Eko S.A. Cahyanto mengatakan hilirisasi meningkatkan nilai jual produk hingga sepuluh kali lipat.


"Kalau kita bergantung pada komoditas yang masih belum diolah terlalu jauh, itu kan nilai tambahnya sedikit. Di sini per kilogram kakao itu hanya Rp20 ribu-Rp25 ribu. Tetapi kalau kita proses di dalam smart factory, itu bisa sepuluh kali lipat harganya, bisa Rp200 ribu sampai Rp250 ribu," ujarnya saat mengunjungi Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) di Makassar, Kamis, 6 Februari 2020.

Read more: Cara Kemenperin Dorong Hilirisasi Produk Kakao di Makassar

Subcategories

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved