Harga Kakao         Rabu,  31/03/2021                   Ldn: n.a                              NY: 2.350                Medan: n.a                 Aceh: Rp 27.100,-      Selamat dan Sukses atas dilantiknya Ibu Ir.Cut Huzaimah,MP sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh                             Jangan Lupa 3M Demi Menghindari Covid 19          Info ini disampaikan oleh FORUM KAKAO ACEH      

 

Permintaan Naik, Kakao Terdongkrak

Created on Friday, 01 July 2011

Waspada Online | JAKARTA - Harga kakao kembali terkerek naik setelah sempat melorot di bawah US$3.000 per ton. Terdongkraknya harga kakao ini ditengarai karena adanya naiknya belanja bahan baku para pelaku industri pengolah kakao. Berdasarkan data Bloomberg, harga kakao di bursa ICE untuk pengiriman September 2011 hingga penutupan perdagangan Rabu (29/6) ada di level US$3.119 per ton. Padahal, harga kakao sempat melorot ke level terendahnya di harga US$2.879 per ton padaSenin (6/6).

Ketua Umum Asosiasi Industri Kakao Indonesia (AIKI), Pieter Jasman, mengungkapkan di bulan-bulan ini sudah ada panen kakao, sehingga industri pengolah kakao mulai mengumpulkan bahan baku. Apalagi, permintaan kakao internasional, khususnya kakao olahan terus tumbuh.

Menurut Pieter, peningkatan permintaan kakao olahan juga terjadi di negara berkembang. Ia mencontohkan, di Indonesia saja, permintaan kakao olahan bisa mencapai 40 ribu ton per tahun. "Permintaan terus naik, sementara produksi tidak ada peningkatan. Alhasil, harga kakao terkerek," katanya, tadi sore.

Pieter mengatakan, mengacu data dari International Cocoa Organization, permintaan kakao olahan tumbuh sekitar lima persen per tahun. Sementara itu, akibat anomali iklim, pasoka nkakao dari Indonesia sedikit seret. Peningkatan permintaan kakao rupanya juga terjadi di dalam negeri.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo), Zulhefi Sikumbang, mengatakan tahun ini konsumsi kakao nasional diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 220 ribu hingga 250 ribu ton. Jumlah ini lebih tinggi ketimbang tahun lalu yang hanya sekitar 150 ribu ton.

Meski permintaan terus meningkat, tapi Pieter meramalkan harga kakao tidak akan melonjak tajam seperti beberapa bulan lalu. Alasannya, pasokan kakao internasional kedepan akan membaik. "Harga rata-rata kakao tahun ini masih akan berkisar USD 3.000 per ton," katanya.

Memang benar, pasokan kakao dunia khususnya dari Ghana dan Pantai Gading akan mengalami peningkatan. Gerry Manley Direktur dan Kepala Divisi Kakao Olam International Ltd seperti dikutip Bloomberg, mengungkapkan pada periode 2010 hingga 2011 akan ada kelebihan pasokan kakao internasional sekitar 350 ribu ton, karena tingginya panen kakao di Ghana dan PantaiGading. Produksi kakao Pantai Gading akan mencapai 1,6 juta ton dan Ghana sekitar 900 ribu ton.

Copyright © 2011 Forum Kakao Aceh - All Right Reserved